Thursday 22 May 2014

DIY : Perbaiki Kipas Radiator Mati pada Pulsar 200NS atau KTM 200 Duke

Motor Pulsar 200NS atau KTM 200 Duke memang memiliki kemiripan yang sangat identik terutama dari sektor mesin terutama kipas radiatornya. Berdasarkan pengalaman yang saya alami Pulsar 200NS milik saya mati, hal ini ditandai dengan indikator thermal di speedometer menyala. Kecurigaan saya mengarah pada kipas radiator yang berhenti berfungsi. Saya coba bongkar radiator tanpa melepas selang coolant yang terhubung ke radiator, hanya melepas kipasnya saja. Cukup mudah kok pengerjaanya hanya dibutuhkan toolkits standar. Yang terpenting adalah kita menghapalkan lokasi baut-baut yang dilepas.



Oke setelah kipas berhasil dilepas, saya mencoba bypass koneksi plus dan minus langsung ke aki. Dan benar saja kipas mati, kemudian coba ketok-ketok sedikit dibagian dynamo dan kipas berputar sedikit-sedikit namun sangat pelan.

langsung saja saya bongkar dynamo kipas tadi. Dari situ saya sedikit kaget mendapati banyaknya jamur yang menempel di dinding dynamo dan arang penjepit kumparan yang seharusnya bisa menjepit dengan kuat kali ini dengan adanya jamur disekitarnya fungsi arang menjadi stuck atau tidak bisa menekan kumparan dynamo.

 lansung saya tutorialnya :

  1. bersihkan jamur dengan cara kikis perlahan dengan menggunakan obeng min kecil atau ampelas halus hingga jamur terkelupas sedikit-sedikit. mohon perhatian juga supaya tidak menggunakan air dalam membersihkan jamur, karena nyawa dari jamur adalah air/uap air itu sendiri. menurut saya jamur tidak akan mati karena akarnya akan selalu tertinggal pada bahan yang dimana jamur tumbuh. lalu bagaimana caranya agar jamur tidak berkembang? kita bisa oleskan sedikit pelumas ke area bekas ditumbuhi jamur. tidak perlu terlalu banyak tetapi secukupnya saja.
  2. perhatikan juga dibagian arang tempat untuk menjepit kumparan dynamo, bersihkan area tersebut dengan hati-hati karena ada pegas yang mendorong arang untuk menjepit dan ukuranya kecil. setelah selesai dibersihkan maka beri sedikit pelumas agar jamur tidak kembali hidup.
  3. setelah semua selesai dilakukan maka tutup kembali dynamo kipas seperti semula. dan coba untuk bypass langsung ke aki. coba apakah kipas sudah berputar dengan kencang dan baik.


demikian tutorial yang bisa saya tuliskan mengingat saya pribadi sebagai pemilik Pulsar 200NS merasa perhatian dari pihak kawasaki terasa minim terhadap motor yang satu ini. Jadi apabila sobat sekalian yang memiliki Pulsar 200NS juga mengalami masalah yang sama, jangan terburu-buru untuk mengganti kipas radiator, siapa tahu permasalahanya sama dengan yang saya tulis. salam 3 busi!!!

5 comments:

  1. bro setelah di bongkar gitu cara pasang kembali apakah harus di lem/sealant atau tidah harus di lem/sealant gitu? kalau semisal ga di lem/sealant apakah akan masuk airnya kedalam kipasnya gitu? misal pas lagi ujan2an atau pas lagi kena banjir gitu atau pas lagi di cuci motornya. mohon pencerahannya bro. terima kasih

    ReplyDelete
  2. Penyakit yg sama juga pada pulsarku...nyoba praktek!!

    ReplyDelete
  3. Sy br pake 200 ns. Pemilik sblmnya kasih saklar manual, jd kipas nyala yerus. Masalahnya setelah 30 menit tuh kipas berhenti, pdhl kondisi mesin panas, alhasil air reservoir ngucur sampe kering. Bw ke bengkel pengukur suhu kipas mati, ganti baru. Trs manual, dilepas. Sayang pas panas kipas mati lg. Pengen coba bongkar sendiri. Moga tutorialnya berhasil.

    ReplyDelete
  4. aduh sama ya kipas mati jadi otomatis nya ga nyala

    ReplyDelete
  5. Wadohhh...masalah yg sama, thanks pencerahannya. Nyoba d jajal...

    ReplyDelete